SEHAT DAN BUGAR DENGAN SHOLAT KHUSUK

Selasa, 18 Januari 2011

Setiap hari umat Islam diwajibkan melakukan sholat sebanyak 5 kali dimulai dari waktu subuh sebanyak 2 rakaat, zhuhur 4 rakaat, asar 4 rakaat, maghrib 3 rakaat dan isya 4 rakaat. Sebagian besar umat Islam menganggap kegiatan sholat sebagai beban dan kewajiban yang harus mereka lakukan secara rutin setiap hari. Namun banyak diantara mereka yang melakukan sholat dengan asal asalan kurang memperhatikan tu’maninah dan kekhusuan dalam sholat.
Kalau dilakukan dengan khusuk dan benar sholat dapat memberikan kekuatan pada jiwa dan jasmani. Bacaan sholat yang dibaca dengan benar dan dihayati maknanya bisa memberikan kekuatan yang dahsyat pada jiwa seseorang. Gerakan sholat yang dilakukan dengan tepat dan benar dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit yang banyak menyerang manusia dewasa ini.
Sholat jika dilakukan dengan benar dan khusuk dapat memberi manfaat ganda bagi orang yang melakukannya. Manfaat pertama bacaan sholat jika dimengerti dan dipahami maknanya dapat memberi ketenangan dan kekuatan pada jiwa seseorang. Manfaat kedua, gerakan sholat jika dilakukan dengan tepat dan benar dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan memperlancar peredaran darah diseluruh tubuh.

Sehat dan bugar dengan sholat
Dewasa ini banyak orang yang mempelajari dan melakukan meditasi untuk mendapat ketenangan jiwa dan kebugaran tubuh. Kita mengenal dua macam tehnik meditasi yaitu meditasi diam dan meditasi bergerak. Meditasi diam dilakukan dengan duduk diam sambil bernapas dengan dalam dan teratur, mata dipejamkan atau pandangan dikonsentrasikan pada satu titik . Ada juga meditasi diam yang diiringi dengan music natural, suara alam atau kicauan burung dialam bebas. Meditasi bergerak dilakukan dengan bernapas dalam dan teratur sedang tubuh mengikuti gerakan tertentu yang lembut dan santai dengan diiringi music yang lembut pula. Meditasi model ini kita dapati pada senam yoga, thai chi, dan lain sebagainya.
Bagi umat Islam sebenarnya tidak perlu repot ikut belajar meditasi, yoga atau thai chi untuk mendapat kebugaran dan ketenangan jiwa. Semua itu sudah dipenuhi dalam gerakan sholat. Sayangnya banyak orang yang melakukan gerakan sholat dengan asal- asalan dan tergesa gesa sehingga mereka tidak mendapatkan kebugaran tubuh atau ketenangan jiwa yang diinginkan. Justru sebaliknya mereka merasa kegiatan sholat hanya membuang waktu, membosankan dan melelahkan.
Bagaimana gerakan sholat bisa memberi kebugaran dan memperbaiki metabolisme tubuh kita? Dewasa ini banyak sekali buku yang membahas tentang pengaruh gerakan sholat terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan sholat adalah pengaturan napas yang tepat, gerakan perlahan tenang dan tidak tergesa gesa serta berdiri, rukuk,sujud dan duduk iftirash atau tahiyat dilakukan dengan sempurna.
Pengaturan napas dalam sholat
Dalam kehidupan sehari hari manusia hanya menggunakan sekitar . 20 - 30 % dari kapasitas paru parunya. Kebanyakan manusia bernapas dengan cepat dan pendek sekitar 14-16 kali permenit. Mereka hanya mengisi 20-30 % dari paru parunya dengan udara, sebagian besar ruangan paru paru dibiarkan kosong tidak termanfaatkan. Pernapasan yang pendek dan buruk menyebabkan distribusi oxygen keseluruh sel tubuh tidak berjalan dengan baik. Sel darah dan tubuh tidak mendapat oxygen yang cukup, sehingga menjadi lemah dan rentan terhadap berbagai penyakit.
Untuk memperbaiki distribusi oxygen keseluruh tubuh, banyak orang melakukan latihan berbagai macam olah raga terutama olahraga pernapasan seperti yoga, Thai chi, wai tankung, seni pernapasan Satria Nusantara, Mahatma, Kalimasada, silat tenaga dalam dan lain sebagainya. Dengan latihan olah napas suplai oxygen kedalam darah dan berbagai sel tubuh meningkat beberapa kali lipat, hingga memberi kesegaran dan kebugaran pada tubuh. Badan yang sehat dan bugar memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai macam penyakit, tubuh terbebas dari penyakit lemah, letih dan lesu. Hidup menjadi ceriah dan bersemangat, gairah kerja meningkat, sehingga banyak tugas dan pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan baik dan sesuai schedule.
Pengolahan napas yang tepat dan benar dalam sholat juga memberi efek yang sama seperti pada senam yoga atau Thai Chi, badan terasa lebih segar dan nyaman, karena kadar oxygen dalam darah meningkat lebih banyak daripada biasa. Sebagian besar dari kita sudah belajar mengerjakan sholat sejak masih kanak kanak. Kita hanya diajarkan cara melakukan gerakan sholat dan bacaan sesuai dengan Rukun yang diajarkan Rasulullah. Kita belum memahami apa hikmah dan kekuatan yang tersembunyi dalam gerakan dan pelaksanaan sholat. Kita harus menggali sendiri apa hikmah dan kekuatan yang tersembunyi dalam gerakan dan pelaksanaan sholat. Mari kita tingkatkan mutu sholat kita, sehingga tidak hanya menjadi suatu ritual yang berlalu begitu saja tanpa makna dan manfaat yang dapat kita rasakan secara langsung dalam kehidupan sehari hari.
Usahakan menarik dan menghembuskan napas dalam sholat dilakukan dengan sempurna. Tarik napas dengan perlahan hingga memenuhi seluruh ruang paru paru, kemudian hembuskan dengan perlahan pula hingga paru-paru kosong sempurna. Hindari bernapas cepat dan pendek. Bernapas cepat dan pendek mendorong kita untuk ter-gesa gesa dalam sholat
Ketika takbiratul Ihram angkat tangan sejajar daun telinga sambil menarik napas hingga memenuhi rongga paru paru, kemudian hembuskan napas perlahan lahan sambil tangan diturunkan diatas perut. Kemudian tarik napas perlahan lahan hingga penuh barulah dimulai membaca do’a iftitah. Untuk lebih jelasnya ikutilah penjelasan berikut dibawah ini.
Shalat khusuk dan tehnik pengolahan napas
Berikut ini kami sampaikan cara pengolahan napas, hati dan pikiran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan sholat. Diharapkan dengan metoda ini akan didapatkan sholat yang khusuk, sehingga manfaat sholat bagi hati, tubuh dan fikiran dapat segera dirasakan selama sholat dan selesai mengerjakan sholat.
  1. Siapkan hati dan fikiran untuk mengerjakan shalat, misalnya shalat Dhuhur, Asar atau Maghrib.
  2. Ambil wuduk untuk bersuci dari hadas kecil
  3. Persiapan segala sesuatu untuk melakukan shalat, ruangan, kondisi dan lain sebagainya.
  4. Berdiri tegak menghadap kiblat, kedua kaki agak diregangkan. Rasakan bahwa anda saat ini sedang berhadapan dengan Allah penguasa tertinggi dialam semesta. Bersikaplah tawadhu dihadapan Dia yang berkuasa penuh diseluruh jagat raya.

  5. Takbiratul ihram
    Angkat kedua belah tangan hingga sejajar daun telinga sambil menarik napas perlahan lahan hingga udara memenuhi seluruh ruang paru paru, ucapkan kalimat takbir Allahu akbar. Kemudian turunkan kedua belah tangan keatas perut sambil menghembuskan nafas perlahan lahan hingga paru paru kosong sempurna. Letakan tangan kanan diatas tangan kiri pada bagian atas perut.
  6. Do’a Iftitah
    Selanjutnya tarik nafas kembali perlahan lahan hingga memenuhi ruang paru paru, hembuskan perlahan lahan sambil membaca do’a iftitah:

    ” Allahu Akbar kabiraw walhamdulilaahi katsiiro, wa subhanallahi bukhrataw wa ashiila. Allah maha besar yang maha sempurna kebesarannya, segala punji bagi Allah sebanyak banyaknya, dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang hari Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fathorosshamaawaati wal ardho haniifan muslimaw wama ana minal musyrikiin Sesungguhnya aku hadapkan hati dan fikiranku kepada yang menjadikan langit dan bumi, dengan lurus (ber-sungguh-sungguh) dan berserah diri , dan aku bukanlah termasuk orang yang mempersekutukanNya. Innas sholaati , wanusuki, wamahyaya, wama maati lillahi rabbil alamiin. Laa syariikalahuu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimin. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, matiku hanya bagi Allah Tuhan sekalian alam, Tiada sekutu bagiNya, dengan demikianlah aku diperintahkan, dan aku adalah orang yang berserah diri (muslim) .”
    Jika nafas yang dihembuskan perlahan sudah habis sedang bacaan iftitah belum selesai, maka tarik nafas kembali hingga memenuhi ruang paru paru, kemudian hembuskan perlahan sambil melanjutkan bacaan yang belum selesai, demikian seterusnya. Konsentrasikan hati dan fikiran pada bacaan berikut maknanya. Mulut membaca do’a iftitah, fikiran menyebut terjemahannya, hati merasakan maksud kalimat yang dibaca. Rasakan kalimat yang dibaca dengan segenap perasaan dan penuh kekhusukan. Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan do’a iftitah tersebut.
  7. Bacaan Al-fatihah
    Selanjutnya tarik nafas perlahan lahan hingga memenuhi ruang paru paru, hembuskan perlahan lahan sambil membaca surat Al Fatihah. Konsentrasikan fikiran dan perasaan pada bacaan Al Fatihah tersebut. Ucapkan dengan lisan, terjemahkan dengan fikiran, pahami dengan hati. Rasakan setiap ayat yang dibaca, ikuti dengan visualisasi. Baca surat Al Fatihah tersebut dengan tartil dan perlahan lahan.
    Ketika membaca
    Bismillahirrohmanirahiim……bayangkan dan rasakan betapa rasa kasih sayang Allah pada kita semua.
    Ketika membaca Alhamdulillahir robbil alamiin…. bayangkan betapa maha terpujinya Allah penguasa alam semesta.
    Ketika membaca Arohmaanirrohiim bayangkan sifat kasih sayang Allah yang meliputi alam semesta.
    Ketika membaca Maalikiyau middin ….bayangkan keadaan dihari berbangkit kelak , ketika kita dikumpulkan dipadang mahsyar yang kering dan tandus. Dihari yang tiada tempat bernaung selain naunganNya, dihari yang tidak ada tempat berlindung selain lindunganNya . Dialah penguasa tunggal dihari itu.
    Ketika membaca Iyya kana’budu wa iyyaka nasta’in tanamkan dalam hati bahwa hanya Dialah yang disembah, dan hanya kepadaNya tempat mohon pertolongan.
    Ketika membaca Ihdinas shiroothol mustaqiim bayangkan jalan yang lurus, jalan yang penuh rahmat dan berkahNya. Ketika membaca Shirothol ladziina an amta alaihim, ghoiril maghdu bi alaihim , waldhoolliin ….bayangkan yang dimaksud jalan yang lurus adalah jalan yang ditempuh oleh orang yang telah mendapat rahmat dan nikmat dariNya , bukan jalan orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang yang sesat.
    Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan Alfatihah .
  8. Bacaan surat dan ayat pilihan setelah Alfatihah
    Setelah selesai membaca Alfatihah tarik nafas hingga memenuhi ruang paru paru. Hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca ayat atau surat pilihan. Untuk menambah kekhusuan ayat pilihan bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang sedang mempengaruhi kita . Misalnya menghadapi musibah dan cobaan baca surat al Ankabut 1 s/d 5. Atau Al baqarah 153-157. Untuk membangkitkan semangat perjuangan dan mendapatkan karir yang lebih baik, baca surat Ali Imran 26-27, An Nur 55-56 atau Al Fath 1-4. Mengenang kehidupan akhirat baca surat al Waqi’ah, surat Al Zalzalah dan Al Qori’ah, Tentu saja ayat atau surat yang dibaca sudah dihafal berikut terjemahannya, demikian seterusnya. Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan ayat pilihan tersebut.
  9. Rukuk
    Mulai rukuk dalam keadaan paru-paru kosong, sambil mengucapkan takbir ,setelah rukuk betul betul sempurna membentuk sudut 90 derajat tarik nafas perlahan lahan hingga memenuhi seluruh ruang paru paru. Dalam kondisi rukuk ini perut dan dada akan tertarik kebawah akibat gaya gravitasi, sedang pundak akan tertarik kedepan sehingga paru paru mendapat posisi yang sangat lapang. Keadaan ini menyebabkan udara bisa masuk kedalam paru paru dengan sebanyak banyaknya. Tahan napas sambil mengucapkan kalimat tasbih ” subhanarabbiyal adzim ….Maha suci Allah yang maha besar “. kemudian hembuskan napas dengan perlahan lahan sambil tetap mengucakan tasbih sebanyak banyaknya. Punggung dan pinggang membentuk sudut 90 derajat, tangan bertumpu pada lutut. Rasakan suasana relaks dan nyaman selama rukuk. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan selesainya bacaan tasbih. Lakukan rukuk ini selama mungkin, napas juga bisa ditarik dan hembuskan sampai beberapa kali ulang, rasakan suasana nyaman dan rileks dari rukuk ini.
  10. I’tidal
    Tarik nafas perlahan lahan sambil berdiri dan mengucapkan kalimat ” Samiallahu liman hamidah…. telah mendengar Allah akan orang yang memujiNya. “. Kedua belah tangan diangkat sampai sejajar telinga. Selanjutnya turunkan kedua belah tangan kesamping kiri dan kanan sambil menghembuskan nafas perlahan-lahan. Berdiri tegak dengan kedua belah tangan disamping kiri dan kanan, tarik nafas perlahan lahan hingga memenuhi paru paru, kemudian hembuskan dengan perlahan lahan sambil membaca : “Robbana lakal hamdu, milussamawaati wamil ul ardhi, wamil umaasyi’ta, min syai’in ba’du…..Wahai Tuhan kami segala puji bagiMu sepenuh langit dan bumi,dan sepenuh barang yang Engkau kehendaki sesudah itu”. Puji Allah dengan tulus dan ikhlas, rasakan suasana relaks dan nyaman. Hadapkan hati dan fikiran seluruhnya kepada Allah penguasa alam semesta dengan ikhlas dan tawadhu. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya bacaan do’a .
  11. Sujud pertama
    Tarik nafas perlahan lahan sambil turun untuk sujud dan mengucapkan kalimat takbir “Allahu akbar”. Selama sujud hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca kalimat tasbih : “Subhana rabbiyal a’la …..Mahasuci Allah yang maha tinggi “ sebanyak yang bisa dibaca. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya kalimat tasbih.Ucapkan kalimat tasbih dengan tulus dan ikhlas, rasakan suasana relaks dan pasrah kepadaNya. Hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya ucapan tasbih. Lama sujud tergantung kekuatan nafas dan jumlah kalimat tasbih yang dapat diucapkan. Rasakan suasana yang betul betul relaks dan pasrah padaNya.

  12. Duduk Iftirash
    Tarik nafas perlahan lahan sambil duduk dari sujud dengan mengucapkan kalimat takbir. Ketika duduk Iftirash hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca do’a :” Robighfirli, warhamni, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’afinii, wa’fu’annii …….Ya Tuhanku , ampuni aku, rahmati aku, tutupi nkeburukanku, angkat derajatku, beri aku rezeki, beri aku petunjuk, sehatkan aku, ma’afkan aku…”. Ucapkan do’a dengan sungguh sunguh, ikuti dengan ikhlas dan penuh perasaan, jangan tergesa gesa. Nikmati kata demi kata dalam do’a ini, rasakan getaran dari setiap kalimat do’a yang diucapkan. Ini adalah do’a untuk kehidupan yang ideal. Jika Allah mengabulkan do”a ini anda tidak akan menderita, gelisah, tertekan, bingung, dan hidup dalam kemiskinan dan kekurangan. Anda akan mendapat ampunan, rahmat dan berkah, ditutupi keburukannya, diangkat derajatnya, mendapat bimbingan dalam menghadapi berbagai masalah, diberi badan yang sehat, dan ma’af dari Allah. Usahakan hembusan nafas berakhir bersamaan dengan berakhirnya bacaan do’a.
  13. Sujud kedua
    Tarik nafas perlahan lahan sambil sujud dan mengucapkan kalimat takbir. Selama sujud hembuskan nafas perlahan lahan sambil membaca kalimat tasbih : Subhana rabbiyal a’la …..Maha suci Allah yang maha tinggi” . Lakukan seperti pada butir 11. Setelah selesai, lanjutkan ke rakaat kedua. Tarik nafas perlahan lahan sambil berdiri dan mengucapkan kalimat takbir untuk melanjutkan kerakaat kedua .
  14. Duduk tahiyyat
    Bangun dari sujud, tarik napas perlahan lahan hingga memenuhi seluruh ruang paru paru, sambil mengucapkan kalimat takbir. Kemudian hembuskan nafas dengan perlahan sambil membaca do’a : Attahiyatul mubaarokatus shalawatut thoyyibatulillaah.
    Assalamu alaika ayyuhanabiyyu warahmatullahi wabarakatuhu, Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah, salam rahmat dan berkahNya kupanjatkan padamu wahai nabi Muhammad…….. assalamualaina wa ala ibadillahisshoolihiin, Asyhaduallaa ilaaha illallahu wa assyhadu anna muhammadarrasuulullah, Allahhumma sholli ala muhammad wa ala aali muhammad….. Salam kesalamatan semoga tetap bagi kami seluruh hamba hambaNya yang saleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah , dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga nabi Muhammad “ . Pada tahiyyat akhir ditambahkan kalimat :….kama sholaita ala ibrahiim wa ala aali ibraahim , wa barik ala aali Muhammad wa aala ali Muhammad, Kama barakta ala aali Ibrahiim wa ala aali Ibrahiim fil alamiina innaka hamiidun maajiid….Sebagaiman Engkau pernah memberi rahmat kepada keluarga nabi Ibrahim, Berikanlah keberkahan kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah nmemberi keberkahan kepada Nabi Ibrahiim dan keluarga nya. Diseluruh alam semesta Engkaulah yang maha terpuji dan maha mulia ” . Jika hembusan nafas berakhir sebelum bacaan do’a selesai, tarik lagi nafas baru dan lanjutkan bacaan do’a sambil menghembuskan nafas perlahan lahan. Setelah selesai ucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan kiri nsebagai penutup seluruh kegiatan shalat.
  15. Seluruh kegiatan shalat dilakukan dengan tenang, relaks dan tidak tergesa gesa. Resapi dan hayati setiap kalimat yang diucapkan dalam shalat. Insya Allah anda akan merasakan kenikmatan langsung dalam shalat ini. Jika gerakan shalat dan pengaturan nafas anda lakukan dengan betul, anda akan merasakan hawa hangat dan nyaman diseluruh tubuh. Badan akan terasa lebih segar karena ada peningkatan kadar oxygen didalam darah anda. Jika anda mengidap tekanan darah tinggi, insya Allah shalat seperti ini akan menurunkan tekanan darah anda. Selama sholat napas dilakukan dengan lembut dan perlahan lahan, udara didalam paru paru sempurna penuh dan sempurna pula kosongnya. Jumlah Oxigen yang dihirup oleh paru paru dan CO2 yang dibuang, dalam sholat ini akan meningkat dibandingkan diluar sholat, sehingga badan akan terasa lebih segar dan nyaman.

Efek nyata shalat khusuk dalam kehidupan sehari hari
Shalat yang dilakukan dengan benar dan khusuk akan menimbulkan efek yang nyata dalam kehidupan sehari hari. Beberapa indikator yang dapat anda rasakan dalam kehidupan sehari hari sebagai hasil dari shalat yang benar dan khusuk antara lain :




  1. Badan terasa lebih segar dan relaks selama dan sesudah mengerjakan shalat. Insya Allah badan juga selalu terasa sehat dan bugar, memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit harian seperti pusing, flu, piliek, masuk angin, letih dan lesuh. Disamping itu tubuh juga memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai penyakit yang banyak menyerang manusia modern dewasa ini seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes, stroke, serangan jantung. Untuk mendapatkan semua itu tentu saja harus juga dibarengi dengan pengaturan pola makan yang betul dan sehat.

  1. Anda bisa merasakan suatu perasan nikmat dan asyik ketika mengerjakan shalat, hati dan fikiran terasa relaks dan focus pada kalimat yang dibaca. Adakalanya perasaan anda terbawa hanyut oleh ayat yang dibaca hingga badan bergetar dan kadang kala anda menangis karena merasakan  kedahysatan Allah , kasih sayang dan azab -Nya..

  1. Hati dan fikiran selalu merasa bahagia, nyaman, tentram, optimis  dalam menjalankan kehidupan jauh dari perasaan sedih, duka, cemas, takut , putus asa, tertekan dan stress berkepanjangan.

  1. Memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cobaan dan tekanan hidup. Berbagai musibah dan kesulitan yang menghadang tidak menyebabkan nya patah semangat dan berputus asa.

  1. Terpelihara dari melakukan perbuatan tercela dan  perbuatan keji lainnya

  1. Memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi dalam menyelesaikan dan menghadapi berbagai masalah yang datang  menghadang  dalam kehidupan sehari hari.

  1. Tidak takut menghadapi ancaman dari manapun, ia hanya tunduk dan takut pada Allah Subhanahu wata’ala.


Jika anda belum melaksanakan shalat dengan benar dan khusuk, anda akan mendapatkan efek yang berlawanan dari hal yang telah disebutkan diatas. Beberapa indikator yang bisa anda amati dan rasakan jika anda belum melakukan shalat dengan benar dan khusuk antara lain sebagai berikut.


  1. Shalat terasa sebagai beban dan dirasakan  sebagai suatu  kegiatan yang membosankan dan melelahkan. Selama mengerjakan shalat fikiran melayang kemana mana  dan ada keinginan untuk segera selesai dari mengerjakan shalat

  1. Shalat tidak meninggalkan bekas yang nyata dalam kehidupan sehari hari. Hati dan fikiran sering dirongrong perasaan gelisah, sedih, cemas, kecewa, putus asa, tertekan dan stres berkepanjangan.

  1. Daya tahan terhadap cobaan dan tekanan hidup sangat lemah, mudah panik dan putus asa. Sehingga sering tergiur untuk mencari pertolongan alternatif seperti paranormal, dukun, ajimat dan perbuatan musyrik lainnya.

  1. Tubuh sangat rentan terhadap berbagai penyakit harian seperti flu, pilek masuk angin dan berbagai penyakit degeneratif seperti darah tinggi, diabetes, asam urat dan lain lain.

  1. Kecerdasan spiritual lemah sehingga mudah tergiur untuk melakukan perbuatan tercela dan keji lainnya demi mendapatkan apa yang diinginkan.

  1. Sangat takut terhadap acaman manusia dan lain sebagainya, rasa takut tersebut mengalahkan rasa takutnya pada Allah, hingga mudah tergelincir pada perbuatan tercela dan perbuatan musyrik lainnya.

Demikianlah, mari kita tingkatkan mutu shalat kita masing masing, dengan berusaha untuk mengerti dan memahami setiap ayat atau kalimat yang kita ucapkan dalam shalat kita sehari hari, sehingga dapat memberi mafaat yang maksimal bagi kekuatan dan kesehatan rohani kita . Lakukan gerakan sholat dengan tepat dan benar, tarik dan hembuskan napas dengan perlahan dan lembut hingga paru paru penuh dan kosong dengan sempurna. Perhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh dan perasaan anda setelah anda bisa melaksanakan shalat dengan benar dan khusuk.
Pola makan yang sehat dan teratur
Untuk mendapatkan hasil badan yang sehat bugar dan prima tentu tidak cukup hanya dengan melakukan sholat yang benar seperti diatas , namun juga harus diikuti dengan pengaturan pola makan yang benar. Hindari makanan yang berlemak tinggi, makanan fast food, makanan yang mengandung bahan pengawet. Sebaiknya ikuti sunah Rasul dalam mengisi perut yaitu sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara, atau berhenti makan sebelum kenyang dan tidak makan sebelum lapar. Cara lain adalah dengan melakukan puasa senen –kamis atau puasa berganti hari seperti yang dilakukan nabi Dawud as.
Namun sayang pola hidup dikota besar yang sangat sibuk menyebabkan orang sulit untuk makan dengan teratur dan memiliki kandungan gizi yang tepat. Sebagian besar orang terpaksa makan apa adanya. Mereka mengkonsumsi makanan dari restaurant cepat saji, warteg, atau restaurant lainnya yang hanya memperhatikan kelezatan makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi atau kesehatannya. Makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan zat lain yang berbahaya bagi tubuh seperti pengawet, bahan pewarna, penyedap makanan dalam jangka panjang menimbulkan berbagai kerusakan pada organ tubuh . Semua itu pada akhirnya akan memicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, jantung, diabetes, kolesterol, darah tinggi, asam urat, rematik, pengeroposan tulang, Parkinson dan lain sebagainya.
Ancaman penyakit Degeneratif
Penyakit degeneratif merupakan ancaman nyata bagi masyarakat di perkotaan pada dewasa ini ,penyakit ini bukanlah penyakit menular namun muncul akibat pola hidup masyarakat perkotaan yang keliru. Penyakit ini banyak menyerang manusia pada usia produktif sekitar umur 40 tahun, bahkan pada akhir akhir ini banyak juga orang dibawah usia 40 tahun yang mulai terkena penhyakit ini.
Beberapa penyakit degeneratif yang banyak menyerang manusia pada dewasa ini antara lain penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, asam urat, kanker, tumor, gagal ginjal, liver dan lain sebagainya. Penyakit ini sulit disembuhkan dan penanganannya membutuhkan biaya yang sangat mahal. Penyakit ini termasuk pembunuh nomor satu didunia pada saat ini. Penyebab utama penyakit ini adalah pola makan yang keliru dan kurang melakukan aktifitas olah raga.

Pola hidup masyarakat perkotaan yang sangat sibuk menyebabkan mereka terpaksa menjalani pola makan yang keliru serta tidak sehat dan jarang berolah raga. Sebagian orang mencoba mengatasi pola makan yang keliru dengan mengkonsumsi suplemen food sebagai makanan tambahan . Makanan tambahan ini sebenarnya juga tidak banyak menolong jika tidak diiringi olah raga yang berguna untuk melancarkan jalan darah dan memperbaiki metabolisme tubuh. Celakanya sebagian besar masyarakat perkotaan juga tidak punya waktu untuk melakukan olah raga ringan sekalipun. Bagi umat Islam sholat yang dilakukan dengan khusuk dan gerakan sholat yang tepat dan benar , sebenarnya juga memiliki efek nyang sama dengan olah raga ringan yaitu melancarkan jalan darah dan memperbaiki metabolisme tubuh. Sehingga sebenarnya sholat sudah bisa menjadi pengganti olah raga ringan yang tidak sempat dilakukan selama ini. Apalagi sholat dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari semalam, ini dirasa sudah cukup menggantikan kebutuhan olah raga ringan yang selama ini terabaikan.



Synergi Sholat khusuk dan makanan kesehatan sebagai penangkal penyakit degeretif
Sholat yang khusuk dan benar memberikan efek ganda bagi tubuh manusia. Bacaan sholat yang benar dan dimengerti maksudnya memberi kekuatan dan kesehatan pada jiwa (rohani), sedang gerakan sholat dan pengaturan napas yang tepat dan benar memberi kekuatan pada fisik atau jasmani. Pola makan yang salah, kurang olah raga, stress dan kesibukan bekerja pada orang yang hidup diperkotaan dewasa ini mengakibatkan semakin banyak orang yang menderita penyakit rohani maupun jasmani. Masalah ekonomi, masalah keluarga dan tekanan hidup menyebabkan banyak orang yang mengalami goncangan jiwa yang mengambil jalan pintas dengan bunuh diri untuk mengakhiri penderitaannya. Pola makan yang salah juga memicu berbagai penyakit degeratif seperti darah tinggi, diabetes, asam urat, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh jantung, stroke, kanker, tumor dan lain lain.
Dewasa ini penyakit degeneratif merupakan penyakit paling ganas yang banyak menyerang orang yang hidup diperkotaan. Penyakit ini banyak menyerang orang pada usia produktif sekitar 40 tahun , bahkan akhir akhir ini banyak orang yanmg usianya belum mencapai 40 tahun sudah terjangkit penyakit ini. Umumya penyakit ini muncul akibat pola makan yang salah dan kurang berolah raga. Bagi orang-orang yang sibuk bekerja dewasa ini sangat sulit untuk mendapatkan makanan yang tepat dan benar bagi kesehatan tubuhnya. Merekapun mengalami kesulitan menyediakan waktu untuk melakukan olah raga yang teratur. Synergi antara kegiatan sholat yang dilakukan umat Islam minimal 5 kali sehari dengan makanan kesehatan (suplemen food) diharapkan dapat mengatasi semua kendala seperti diatas.
Gerakan sholat yang tepat dan benar dapat melancarkan peredaran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh , sehingga walaupun tidak sempat melakukan olah raga, gerakan sholat yang dilakukan dengan tepat dan benar sudah merupakan pengganti bagi kegiatan olah raga tersebut. Bacaan sholat juga memberi ketenangan dan kekuatan pada hati dan fikiran sehingga terhindar dari penyakit stress berkepanjangan. Pemilihan suplemen food (makanan kesehatan) yang tepat juga diharapkan dapat menutupi kekurangan akibat pola makan yang terpaksa keliru karena kesibukan kerja yang dihadapi.
Kalau kita amati makanan yang kita konsumsi sehari hari sebagian besar terdiri atas biji-bijian (nasi, roti,) dan daging. Sedikit sekali kita mengkonsumsi sayur dan buah buahan. Dalam keadaan terdesak kita juga cenderung memilih makanan cepat saji yang mengandung lemak tinggi dan penyedap rasa. Kurang olah raga, stress ditambah dengan pola makan salah mengakibatkan terganggunya metabolisme tubuh dan terjadi penumpukan berbagai zat berbahaya didalam tubuh. Dalam jangka panjang semua itu akan menimbulkan berbagai penyakit yang untuk menyembuhkannya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Penyakit jantung, kanker, liver, tumor, diabetes menahun adalah contoh penyakit degeneratif yang sulit untuk disembuhkan dan membutuhkan biaya yang sangat besar untuk mengatasinya. Negara besar didunia menyadari betapa besar biaya yang harus dikeluarkanh untuk mengatasi penyakit degeneratif ini. Berbagai riset dilakukan untuk memproduksi makanan suplemen yang dapat mencegah atau mengatasi berbagai penyakit degeneratif itu. Bermacam macam suplemen food untuk mengegah dan mengurangi efek penyakit degeneratif dapat kita temui dipasaran seperti Minyak ikan omega 3, Garlic, Noni, susu Colustrum, spirulina, Chlorophyll , Habbatus Saudah dan lain sebagainya.
Synergi antara sholat khusuk yang diiringi dengan gerakan sholat dan pengaturan napas yang tepat dan benar serta pemberian suplemen food yang sesuai ,diharapkan dapat menangkal berbagai penyakit degeneratif yang banyak menyerang orang yang hidup diperkotaan dewasa ini. Akibat pola makan yang keliru dan kurang olah raga, di Amerika pengidap penyakit kanker sudah mencapai 30% dikuatirkan 20 tahun lagi akan mencapai 50 %. Pemerintah Amerika telah mengeluarkan biaya riset yang tidak sedikit untuk menangkal penyakit berbahaya ini.
Di Indonesia penderita kanker juga mulai meningkat, tanpa diketahui sebabnya tiba tiba salah seorang anggota keluarga kita ada yang terkena kanker payudara, kanker rahim, tumor otak, kanker liver yang selalu berakhir dengan kematian setelah menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Jumlah orang yang berhasil lolos dari penyakit ini juga sangat sedikit, itupun setelah berobat kesana kemari dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Mari kita tangkal berbagai penyakit berbahaya ini dengan mensynergikan sholat khusuk dan suplemen food. Penggunakan suplemen food bagi masyarakat perkotaan tampaknya juga sulit dihindari mengingat sebagian besar masyarakat kota terpaksa melakukan pola makan yang salah dalam kehidupan sehari-hari. Mereka makan makanan apa adanya yang mereka beli direstoran , warteg atau restoran cepat saji. Mereka tidak punya waktu untuk mengolah makanan sendiri. Apalagi bagi suami istri yang bekerja keduanya, mereka makan apa adanya.
Penggunaan suplemen food juga tidak ada artinya jika tidak dibantu dengan olah raga, celakanya kesempatan untuk berolah raga juga sempit sekali. Sholat khusuk dengan gerakan yang tepat dan betul diharapkan bisa menggantikan kebutuhan olah raga ini. Mengingat bagi umat Islam sholat diwajibkan untuk dikerjakan 5 kali sehari dan ini dirasa sudah cukup untuk melancarkan jalan darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.

0 komentar: